Siapa yang seharusnya memakai FreeBSD?

FreeBSD dapat digunakan sebagai desktop yang powerful atau mesin development, namun sejarah menunjukan kekuatan FreeBSD dalam men-support service: web, mail, dan file. Sebenarnya, kekuatan utama FreeBSD adalah sebagai server internet, cocok untuk menjalankan berbagai service internet. Jika anda berpikir untuk menggunakan FreeBSD atau UNIX lain sebagai desktop, anda perlu mengetahui bagaimana komputer bekerja. FreeBSD bukan pilihan tebaik untuk anda yang menginginkan GUI menarik dan simpel. Sebagai gantinya anda dapat memakai Apple Computer dengan Mac OS X-nya. Atau pilihan terakhir, gunakan Microsoft Windows, anda pun tidak perlu mengerti komputer untuk ini.
FreeBSD sebagai Desktop
Yeah, tentu saja kamu bisa menggunakan FreeBSD sebagai OS desktop yang powerfull. Ada sebuah konsep yang disebut “makan makanan kucing anda”. Jika anda menjalankan sebuah perusahaan makanan kucing, maka anda ingin kucing anda sendiri menyukai produk anda.
Jika tidak, berarti perusahaan anda ada masalah.
Intinya adalah, jika anda bekerja memproduksi sebuah produk, maka sudah selayaknya anda juga menggunakannya. Metode ini menjadi cara tercepat dalam pembelajaran UNIX. Dengan menjalankan FreeBSD sebagai desktop, anda dapat membuat system UNIX anda untuk menjalankan apa yang anda butuhkan, sebagai hasilnya, anda berubah menjadi server administrator yang powerful.
Aplikasi desktop pun sudah banyak: staroffice, video/mp3 player, burning CD/DVD, dll. Tampilan desktop pun tak kalah menarik, development KDE/GNOME yang semakin canggih, membuat tampilan desktop semakin disukai.
Pakai BSD yang lain?
NetBSD adalah kompetitor terdekat FreeBSD. Namun bukan seperti kompetisi di dunia komersial, kompetisi disini sangat ramah. FreeBSD dan NetBSD membagi source code dengan bebas, bahkan beberapa orang memanage subsystem yang sama pada kedua system. Sebagai contoh, FreeBSD & NetBSD men-share bersama kemampuan dukungan USB-nya, contoh lain: proyek integrasi layanan FTP juga dilakukan bersama.
Kekuatan utama NetBSD adalah kemampuannya berjalan dimana saja. Jika anda mempunyai hardware tua, NetBSD adalah pilihan yang sesuai dengan anda.
OpenBSD terlihat agak berbeda dengan dengan lainnya. Para developernya lebih berfokus pada security daripada membuat system yang lebih friendly. OpenBSD mempunyai fitur yang membuatnya mudah untuk melakukan tugas tertentu, seperti bridging firewall. Jadi, jika anda merasa kurang sreg dengan fitur sekuriti di FreeBSD, OpenBSD dapat menjadi pilihan anda.
Siapa yang perlu menjalankan Sistem Operasi proprietary?
Sistem Operasi proprietari seperti Sun Solaris, Microsoft Windows, IBM AIX, HP-UX adalah OS populer selain BSD dan Linux. Solaris khususnya, adalah pemain mayoritas pada pasar UNIX. Untuk High-End enterprise, Solaris dan Windows NT bersaing ketat. Meskipun lambat perubahannya, pada lingkungan tertentu, sistem operasi ini tidak tergantikan. Tetapi dengan menggunakan mesin FreeBSD untuk memjalankan layanan dasar seperti DNS, akan membuat hidup anda lebih baik dengan biaya yang lebih murah.
sumber: absolute BSD
source: http://achmad.glclearningcenter.com/2006/03/09/apa-itu-freebsd/

2 comments:

Anonymous said...

ok

Anonymous said...

test

Software, Apps & Games

  • WINDOWS XP SP3
    XP SP3 to Get Slice of Windows Live Wave 4, but Not as Windows 7 or Vista
  • WINDOWS 7
    Windows 7 SP1 Build 7601.16556 Beta 1
  • Prince of Persia
    The Forgotten Sands Intro Trailer
  • Need for Speed
    Need for Speed ProStreet 1
  • Need for Speed
    Most Wanted Trailer
  • PCLinuxOS
    PCLinuxOS Openbox 2010
  • Adobe Flash Professional CS5
    Download a free trial of Flash Professional CS5
    • BSI
      Kuliah...? BSI Aja!!
    • Kaskus
      The Largest Indonesian Community
      • OLX
        Jual Beli Mobil, Rumah, Motor, Handphone Terbesar
      • Amazon
        Shopping Online International