M-Commerce yang berasal dari mobile commerce merupakan suatu sistem perdagangan (e-commerce) yang dilakukan melalui media protabel seperti ponsel, PDA, dll Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel.
M-commerce yang dimaksudkan selama ini bisa dikatakan sebagai suatu tren teknologi dimana transaksi komersial dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile yang terhubung dengan pelayanan nirkabel. Pengguna M-Commerce dapat menikmati layanan dari teknologi tersebut darimana saja dan kapan saja.
M-Commerce mempunyai keuntungan yaitu :
+ Kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru
+ Dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device
+ Dapat membawa penjual dan pembeli bersama – sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih dekat
M-Commerce mempunyai kerugian yaitu :
- Tidak bisanya menawarkan grafik suatu PC
- Layar kecil membatasi kompleksitas aplikasi
- Terdapat pendekatan berbeda terhadap pemahaman M-Commerce oleh masing – masing jaringan
M-Commerce mempunyai keterbatasan yaitu :
- Ukuran device yang relative kecil
- Mobile device yang digunakan untuk mengakses tidak punya media penyimpanan.
- Teknologi belum semutakhir PC
- Pelanggan butuh pencarian data yang cepat dan mudah
- Penggunaan m-commerce menjadi tidak efektif, tidak efisien, dan tidak memberikan kepuasan kepada pelanggan
- Tidak ada standarisasi
- Bandwith tidak cukup
- Keterbatasan transmisi
- Masalah cuaca
- Jarak koneksi
0 comments:
Post a Comment