- Business to Business (B2B), dengan karakteristik :
- Trading partners yang sudah saling mengetahui dan terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama di antara mereka.
- Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati.
- Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data.
- Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
- Business to Consumer (B2C), dengan karakteristik:
- Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secara umum.
- Service bersifat umum, sehingga mekanismenya dapat digunakan oleh orang banyak.
- Service yang diberikan berdasarkan permintaan.
- Sering dilakukan sistem pendekatan client-server.
- Consumer to Business (C2B), dengan karakteristik:
- E-commerce antara individu dan perusahaan secara langsung.
- Dengan semakin banyaknya individu yang menawarkan produk dan jasa melalui internet maka pasar C2B semakin potensial.
- Perusahaan mendapatkan akses yang luas pada produk dan jasa ditawarkan oleh individu.
- Consumer to Consumer (C2C), dengan karakteristik:
- E_commerce antara individu dan individu secara langsung.
- Dengan semakin banyaknya individu yang terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial.
0 comments:
Post a Comment